Pdt. Dr. Paul Gunadi

Pdt. Dr. Paul Gunadi

Kerugian Dapat Menjadi Keuntungan

Kita pasti pernah mengalami kerugian. Mungkin kita pernah mengalami kerugian uang atau kerugian waktu, merasa bahwa pernikahan kita adalah suatu kerugian dan berharap bahwa kita menikah dengan orang lain. Ya, kerugian membuat kita merasa kehilangan sesuatu yang seharusnya kita miliki. Pertanyaannya adalah apakah di mata Tuhan kerugian selalu adalah kerugian ? Dari kehidupan Yakub, kita dapat menyimpulkan bahwa di tangan Tuhan kerugian tidak selalu berekor kerugian.

Tuhan Memakai Orang Yang Minder

Tuhan memakai orang yang minder sama seperti Ia memakai orang yang percaya diri. Mari kita mengontraskan dua tokoh Alkitab yang minder, yakni Musa dan Saul, dan menarik pelajaran darinya.

Kerapuhan Hidup

Hidup itu rapuh. Begitu rapuhnya hidup sehingga kapan waktu, hidup—sebagaimana kita kenal—dapat berhenti. Tadinya kita bisa berjalan, sekarang tidak. Tadinya kita bisa bekerja, sekarang tidak. Tadinya kita bisa memercayai istri atau suami, sekarang tidak. Tadinya kita bisa melihat orang tua, sekarang tidak. Itulah hidup. Berikut akan dipaparkan beberapa masukan untuk menolong kita menghadapi kerapuhan hidup.

Suami yang Bertanggungjawab

Dalam memilih suami, ada satu persyaratan yang mesti diperhatikan yaitu bertanggung jawab. Berikut ini akan diuraikan secara lebih mendetail cakupan dari bertanggung jawab.

Seks Terus Mengetuk Pintu

Dewasa ini tidak ada dosa yang lebih berbahaya daripada dosa seksual. Masalah utama dengan dosa seksual adalah, ia tidak pernah berhenti mengetuk pintu hati kita sehingga kita tetap bisa mendengar ketukannya kendati pintu tertutup. Berikut akan dipaparkan beberapa pintu yang kerap digunakan dosa seksual untuk masuk dan saran untuk bertahan.

Mencari Istri yang Cakap

Masa berpacaran adalah kesempatan untuk mengenal calon istri sebaik-baiknya. Memang tidak ada jaminan bahwa orang tidak akan berubah tetapi pengenalan yang baik setidaknya dapat mengurangi kemungkinan kita salah pilih istri. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tipe wanita yang kerap kali menimbulkan masalah dalam pernikahan.

Mencari Kasih di Tempat yang Salah

Anak yang bertumbuh besar tanpa bekal kasih dan penerimaan yang cukup akan mencari kasih di luar sebagai responnya. Sayangnya kerap kali ia gagal menemukan kasih karena ia mencarinya di tempat yang salah. Ia mengidentikkan beberapa hal dengan kasih padahal hal-hal itu bukanlah kasih. Lalu apa yang harus kita lakukan bila semasa kecil kita tidak cukup menerima kasih ?

Mencari Cinta, Bertemu Duka

Jika kita dibesarkan tanpa kecukupan kasih, kita mesti bersikap lebih berhati-hati dalam memilih pasangan hidup. Berikut akan dipaparkan beberapa jenis pria tidak sehat yang kerap dipilih oleh perempuan yang membutuhkan cinta serta beberapa masukan untuk menghindar dari relasi yang mendukakan kita.

Stres Baik atau Buruk

Pada umumnya kita mengaitkan “stres” dengan segala sesuatu yang buruk. Apakah memang benar demikian? Hans Selye, seorang ahli dalam bidang stres pada awal abad 20, berpendapat tidak semua stres berpengaruh buruk. Menurutnya sebagian stres justru berpengaruh baik sebab stres dapat meningkatkan kreativitas, produktivitas serta daya tahan mengatasi masalah. Apakah yang harus kita perbuat bila menghadapi stres?

Gaya Hidup yang Menambah Stres

Salah satu gaya hidup yang tidak sehat adalah gaya hidup yang menambah stres. Berikut akan dipaparkan enam gaya hidup yang menambah stres dan beberapa masukan untuk menghilangkannya.

Halaman

Berlangganan RSS - Pdt. Dr. Paul Gunadi