Pdt. Dr. Paul Gunadi

Pdt. Dr. Paul Gunadi

Tantangan Merawat Orang Tua

Salah satu tugas yang menanti kita semua adalah merawat orangtua diusia senja. Tugas yang tidak mudah sebab tidak hanya memerlukan kesiapan secara finansial tapi juga ketahanan mental. Berikut akan dibahas beberapa tantangan dalam merawat orangtua dan cara mengatasinya.

Masalah Anak Setelah Dewasa

Hidup tidak lepas dari persoalan. Sewaktu anak kita masih kecil ada persoalannya, dan sewaktu anak kita besar juga ada persoalannya sendiri. Yakub, seorang tokoh Alkitab yang mengalami masalah setelah anak-anaknya dewasa. Sepuluh anak laki-lakinya berkomplot menjual adik mereka, Yusuf, sebagai budak. Yusuf pun harus menderita selama bertahun-tahun sebelum akhirnya dipertemukan kembali dengan ayahnya. Mari kita telisik kehidupannya dan menimba beberapa pelajaran

Mengapa Sulit Mengaku Salah ?

Adakalanya kita sadar bahwa kita salah dan seharusnyalah kita mengakuinya. Namun seringkali kita tetap bersikeras menganggap pasangan kita yang salah dan harus meminta maaf. Pertanyaannya, mengapa kita sulit mengaku salah?

Mengapa Sulit Berkomunikasi?

Sebagaimana tubuh memerlukan darah demikianlah pernikahan memerlukan komunikasi. Tanpa komunikasi tidak akan terjalin relasi apalagi relasi pernikahan. Siapapun yang menikah pasti mengakui bahwa tidak mudah menjalin komunikasi. Ada saja pertengkaran yang terjadi akibat salah berkomunikasi. Karena itu, mari kita bahas mengapakah kita sulit berkomunikasi dan bagaimana cara mengatasinya.

Pergumulan Melewati Tragedi

Tidak ada jalan pintas melewati tragedi. Jalan itu panjang dan berbatu sehingga kita akan terluka ketika melewatinya. Namun dalam setiap langkah yang kita tempuh, Tuhan berjanji akan selalu menyertai kita sampai kita keluar dengan selamat. Berikut akan dipaparkan beberapa pergumulan yang musti kita lalui tatkala melewati tragedi.

Misteri Kesembuhan

Kita tahu bahwa Allah mampu menyembuhkan semua sakit penyakit. Tapi kita pun tahu bahwa Allah tidak menyembuhkan semua orang yang sakit. Mengapa demikian? Sesungguhnya apa yang menjadi kriteria Allah untuk menyembuhkan orang sakit? Mari kita bahas hal ini agar memiliki pemahaman yang tepat.

Hikmat Membagi Warisan

Tatkala muda, kita membagi kasih dengan anak; tatkala tua, kita membagi warisan dengan anak. Dalam membagi warisan, kita musti bersikap bijak. Apabila kita keliru membagi warisan, kita pun akan dituduh pilih kasih atau tidak adil. Itu sebab penting bagi kita untuk memperhatikan hal ini supaya setelah kita meninggalkan dunia, kita tidak meninggalkan masalah buat anak-anak kita. Berikut beberapa panduan agar kita bijak membagi warisan.

Ditipu Orang Dililit Utang

Persoalan hidup bisa ditimbulkan oleh orang lain namun kadang juga bisa ditimbulkan oleh diri sendiri. Salah satu masalah hidup yang sering terjadi adalah yang berkaitan dengan uang atau utang piutang. Tak jarang masalah ini berujung pada masalah lain termasuk jeratan hukum. Berikut akan dibahas beberapa prinsip Alkitab yang berhubungan dengan utang piutang.

Hidup Dalam Kejujuran

Kita akan belajar bahwa ternyata hidup jujur bukan saja baik secara rohani tapi juga baik secara jiwani atau secara psikologis. Mari kita simak beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum kita dapat mengatakan apa yang benar dan jujur.

Hidup dalam Realitas

Scott Peck, seorang psikiater, berpendapat bahwa seberapa sehatnya seseorang bergantung pada seberapa dalam dan jauhnya ia tinggal dalam realitas. Dengan kata lain, makin kita melihat dan mengakui kenyataan kehidupan ini, makin kita sehat secara jiwani. Dalam Amsal 12 terdapat beberapa pedoman kehidupan yang berkaitan dengan tema hidup dalam realitas seperti yang dibahas berikut ini.

Halaman

Berlangganan RSS - Pdt. Dr. Paul Gunadi