Pdt. Dr. Paul Gunadi

Pdt. Dr. Paul Gunadi

Penyebab Perselingkuhan Meluas

Salah satu masalah yang tengah menggejala dewasa ini adalah perselingkuhan. Malangnya, masalah ini bukan saja menggejala di masyarakat umum, masalah ini pun menggejala di kalangan warga gereja. Berikut ini akan dipaparkan beberapa penyebab mengapakah persoalan ini begitu meluas sekarang dan bagaimanakah cara untuk menanggulanginya.

Pengantin Baru dan Tantangannya

Realitas memperlihatkan bahwa keindahan upacara pernikahan tidak selalu diikuti oleh keindahan hidup pernikahan. Begitu kita masuk ke dalam hidup pernikahan, kita harus menghadapi pelbagai tantangan. Jika berhasil mengatasinya, kita akan dapat mencici keindahan hidup pernikahan. Sebaliknya, bila gagal, kita akan harus hidup dalam kepedihan. Berikut akan dipaparkan beberapa tantangan yang dihadapi pengantin baru dan bagaimana menghadapinya.

Tantangan Istri Yang Harus Bekerja

Dewasa ini makin banyak istri yang bekerja. Sebagian sudah bekerja sebelum menikah, sebagian lagi baru bekerja setelah menikah. Ada yang senang bekerja—daripada menjadi ibu rumah tangga purnawaktu—dan ada yang terpaksa bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apa pun alasannya, pada kenyataannya kebanyakan istri yang bekerja tetap harus menunaikan tanggung jawab di dalam rumah tangga. Berikut ini akan dipaparkan beberapa tantangan yang harus dihadapi istri yang bekerja dan cara mengatasinya.

Orangtua Baru dan Tantangannya

Menjadi orangtua untuk pertama kalinya adalah suatu pengalaman yang tak terlupakan. Kita senang karena diberikan hadiah tak ternilai dari Tuhan tetapi kita pun takut karena kita tidak tahu apakah kita akan sanggup menjadi orangtua yang baik bagi anak kita. Berikut akan dipaparkan beberapa tantangan yang mesti dihadapi orangtua baru dan bagaimana cara menanganinya.

Keluarga Sambung

Salah satu hal yang tak diharapkan yang kadang menimpa adalah kematian suami atau istri. Bukan saja kita harus siap menghadapi kesedihan dan hidup dalam kesendirian, kita pun mesti siap merawat dan membesarkan anak—sendirian. Berbahagialah kita yang bertemu dengan seseorang yang mengasihi kita dan anak-anak kita; bersamanya kita dapat “menyambung” hidup berkeluarga. Namun itu tidak berarti bahwa hidup akan lancar. Berikut akan dipaparkan beberapa tantangan yang mesti dihadapi dan masukan bagaimana mengatasinya.

Tantangan Orangtua Tunggal

Kadang di dalam perjalanan hidup pernikahan, tidak selamanya suami istri bisa hidup berpasangan hingga masa tua. Ada yang harus bercerai, ada pula yang pasangannya meninggal ketika anak-anaknya masih kecil. Tentu ini menimbulkan tantangan tersendiri bagi orangtua tunggal yang tersisa. Apa saja tantangannya dan bagaimana cara menghadapinya?

Pergumulan di Hari Tua

Pada umumnya kita melihat hari tua sebagai hari kita beristirahat dan menikmati hidup, sebelum kita mengakhirinya. Pada kenyataannya Tuhan tidak melihatnya seperti itu. Setiap hari—tidak soal di masa muda atau di masa tua—adalah hari di mana Tuhan mengerjakan pekerjaan-Nya dan menggenapi kehendak-Nya. Kita tidak dapat meminta Tuhan untuk membebastugaskan kita karena sudah tua. Hari tua juga punya pergumulannya sendiri. Apa sajakah itu?

Memahami dan Merawat Penderita Dementia

Bertambahnya usia manusia juga berarti makin bertambahnya penyakit yang dikaitkan dengan usia tua. Salah satu gangguan yang kerap muncul di usia tua adalah Dementia. Pada kesempatan ini kita akan melihat gangguan ini secara lebih saksama dan membicarakan cara penanganannya.

Masalah Suami Istri di Masa Tua (2)

Melanjutkan pembahasan dari bagian pertama, ada 3 hal lagi yang menjadi penyebab kita sering konflik di masa tua. Yaitu adanya perubahan kepribadian, perbenturan gaya hidup, dan kondisi fisik yang sakit-sakitan.

Masalah Suami Istri di Masa Tua (1)

Ada sebagian orang yang seharusnya di hari tua dapat menikmati masa-masa indah, tapi justru di hari tua jadi sering konflik. Pada bagian pertama ini dijelaskan 3 penyebab konflik di masa tua dan pencegahannya. Tiga penyebabnya adalah karena menuai benih yang ditanam di masa muda, kurangnya persiapan memasuki hari tua, dan adanya perubahan kebutuhan di masa tua.

Halaman

Berlangganan RSS - Pdt. Dr. Paul Gunadi