Sejarah

Versi printer-friendly

Bersyukur  di usia yang ke-19, Telaga masih disiarkan oleh 43 radio di tanah air dan  1 radio di Hongkong.

Tahun 1998

Awalnya TELAGA disiarkan melalui 5 radio, yaitu Radio Merdeka FM dan Radio Antariksa AM di Surabaya, Radio Cristy AM di Makassar, Radio Maestro FM di Bandung dan Radio Swaranusa Bahagia AM di Jayapura. Radio yang ke-6 adalah Radio Immanuel FM di Solo.

Tahun 1999

Kerjasama meluas sampai ke Batam, yaitu melalui Radio Gema Bentara FM dan ke Sleman-Yogyakarta melalui Radio Petra FM.

Tahun 2000

Provinsi NTT mulai dijajagi, TELAGA bekerjasama dengan Radio Gema Swara Gloria FM di Kupang, namun kerjasama ini terpaksa diakhiri karena masalah kerusakan pada pemancar radio; mulai tahun 2002 TELAGA sudah tidak disiarkan lagi di Kupang. Radio Sumber Kasih FM di Manado mulai bekerjasama pada bulan Februari, disusul dengan Radio Pelita Kasih FM di Jakarta.

Tahun 2002

TELAGA disiarkan melalui Radio Teladan Anugerah FM di Medan, Radio Citra Wahana Indonesia AM di Bandung dan Radio Suara Pengharapan FM di Waingapu - Sumba, NTT.

Tahun 2003

Radio Swara Kemenangan FM di Manokwari bekerjasama dengan TELAGA, disusul dengan Radio Heartline FM di Samarinda dan Radio Heartline FM di Lampung dan Bali.

Tahun 2004

Kerjasama dengan Radio MARS FM di Palu - Sulteng dirintis, kemudian Radio STAR FM di Pandaan - Jatim, Radio Suara Gratia FM di Cirebon dan Radio Suara Teluk Penyu FM di Cilacap.

Tahun 2005

Mulai bulan Februari, masyarakat kota Malang dan sekitarnya bisa menikmati siaran TELAGA melalui Radio Mensana FM di Batu. Dalam tahun ini, ada 3 radio yang tidak melanjutkan kerjasamanya yaitu Radio Teladan Anugerah FM, Radio Pelita Kasih FM dan Radio Citra Wahana Indonesia. Namun kerjasama dengan Radio Nafiri FM di Tasikmalaya, Radio Max FM di Waingapu dan Radio Bonapit FM di Tarutung mulai dirintis.

Tahun 2006

Mengawali tahun 2006, TELAGA disiarkan oleh Radio Harmoni FM di Blitar. Ternyata awal tahun 2006, TELAGA sudah tidak disiarkan lagi melalui Radio Suara Teluk Penyu FM. Pertengahan tahun 2006, TELAGA bekerjasama dengan Radio Bahtera Hayat FM. di Kuala Kapuas (Kalimantan Tengah), Radio Dian Mandiri Barigas FM di Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Radio Langgadopi FM. di Tentena - Poso (Sulawesi Tengah). Kemudian Radio Swara Malole FM di Ba’a – Rote dan Radio Lizbeth FM di Kupang mulai menyiarkan TELAGA pada bulan September 2006. Akhirnya setelah 8 tahun, Tuhan memperkenan TELAGA disiarkan oleh Radio Solagracia FM di kota Malang dan pada akhir tahun 2006 Radio Sahabat Kehidupan FM di Madiun mulai menyiarkan TELAGA.

Tahun 2007

Satu radio di Tobelo - Halmahera Utara, yaitu Radio Suara Syallom FM menyatakan bersedia menyiarkan TELAGA mulai bulan Pebruari. Setelah 9 tahun, kini mulai Maret 2007 Radio Merdeka FM di Surabaya tidak lagi menyiarkan TELAGA. Namun Tuhan membuka jalan di Tulungagung, mulai Mei 2007, Radio Rajawali FM bersedia bekerjasama dengan TELAGA. Disamping itu Radio komunitas Sion FM di Blora juga menyiarkan program TELAGA. Kemudian disusul dengan Radio Kabar Baik FM di Tomohon (Sulawesi Utara), Radio Swara Petani Pamona (RASTA) FM di Tentena (Sulawesi Tengah), Radio Suara Kasih FM di Ambarawa, Radio Swara Kasih AM di Kep. Sangihe (Sulawesi Utara), Radio Muria FM di Jepara dan pada bulan Agustus 2007 Radio Shofar FM di Temanggung. Pada bulan September 2007 Radio Agape FM di Semarang menjadi radio yang ke-38 yang menyiarkan program TELAGA. Kemudian pada bulan Oktober Radio Syalom FM di Kediri mulai menyiarkan TELAGA dan pada awal November, satu radio di Pati yaitu Philia FM bekerjasama dengan TELAGA serta mulai Desember 2007, TELAGA disiarkan oleh Radio Pemulihan Kasih FM di Bajawa - Flores.

Tahun 2008

Mengawali tahun ini, ada tambahan 3 radio yaitu Radio komunitas Keryxon FM di Semarang Selatan, Radio Christy Mamasa FM di Kab. Mamasa - Sulawesi Barat, Radio Romansa FM di Kertosono dan pada bulan Pebruari TELAGA disiarkan oleh Radio triatma FM di Kuta - Bali. Secara insidentil, program TELAGA disiarkan oleh Radio Pesona FM di Salatiga mulai bulan Juni, kemudian ada da satu radio di Pematangsiantar yang bersedia menyiarkan program TELAGA mulai bulan September, yaitu Radio Karina FM. Radio Sahabat Sejati FM di Ungaran menyiarkan program Telaga mulai bulan November dan Radio Sartika FM di Kuala Kurun, Kab. Gunung Mas - Kalimantan Tengah menyiarkan Telaga mulai bulan Desember 2008.

Tahun 2009

Dua radio mengawali tahun ini, yaitu Radio Pelita Kasih Seruyan FM di Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah dan Radio Suara Arum Kamelia FM atau yang dikenal dengan Radio RAKA FM di Purwohardjo - Banyuwangi. Radio yang ke-3 pada tahun ini adalah Radio Bethany FM di Salatiga. Pada bulan April ada satu radio di Banjarmasin yaitu Radio Sangkakala Banjar FM menyiarkan program Telaga. Menyusul Radio Blessing FM di Pekalongan yang langsung mengunduh program Telaga dari situs. Setelah 2,5 tahun menyiarkan Telaga, mulai bulan Mei 2009 radio Solagracia FM di Malang tidak lagi bekerjasama dengan Telaga. Melalui radio Romansa FM di Kertosono, akhirnya Telaga bisa disiarkan oleh 2 radio di Madiun pada bulan Agustus 2009, yaitu Radio Sakti FM dan WOW FM

Tahun 2010

Bersyukur mulai bulan Mei Telaga disiarkan oleh IMC Broadcasting di Hong Kong yang bisa mencapai kurang lebih 90 negara di 3 benua. Pada bulan Juli ada tambahan 2 radio lagi yang menyiarkan Telaga, yaitu Radio Lahai El Roi FM di Timika – Papua dan Radio Bethany AM di Medan. Mulai bulan Agustus 2010 radio Sakti FM dan WOW FM tidak mengudara karena sedang mengurus ijin pindah lokasi dan sementara mencari rekanan yang baru. Pada bulan Agustus 2010 juga ada tambahan 1 radio lagi di Kediri yaitu radio Surya Sejahtera FM dan pada bulan September 2010 radio STAR(Surya Tolkit Air) FM di Tarutung juga menyiarkan program Telaga.

Tahun 2011

Mulai bulan Pebruari, Telaga disiarkan oleh Radio Bahana Sangkakala FM di Jayapura – Papua, kemudian pada bulan April Radio Pelita Batak FM di Humbahas – Sumut mulai menyiarkan Telaga dan satu radio lagi di Manado yaitu Radio Mitra Kawanua FM menyiarkan Telaga pada bulan Mei. Setelah 3 tahun bekerja sama, kini Radio Romansa FM di Kertosono tidak lagi beroperasi.
Menjelang berakhirnya tahun 2011, ada 3 radio yang tidak menyiarkan program Telaga lagi yaitu Radio Suara Kasih FM di Ambarawa, Radio Antariksa AM di Surabaya dan Radio Mensana FM di Batu. Namun Radio Merdeka FM, namun bersyukur karena Radio Merdeka FM di Surabaya kembali mau menyiarkan program Telaga mulai bulan Nopember 2011.

Tahun 2012

Tanpa disangka-sangka pada bulan Pebruari 2012 Radio Dian Kasih Jaya FM di Lubuklinggau bersedia menyiarkan Telaga dan satu radio di Genteng, Banyuwangi yaitu Gema Aletheia (GALA) FM juga menyiarkan Telaga. Disusul oleh Radio Suara Nafiri Malinau FM di Malinau, Kalimantan Timur dan bulan Juni 2012, ada 2 radio yang bekerjasama dengan Telaga yaitu Radio Bumi Mimika (RBM) FM di Timika, Papua dan Radio Swara Alam FM di Kendari. Pada bulan Nopember 2012 Radio Gemma Satunama AM di Yogyakarta menyatakan akan menyiarkan program Telaga 1x seminggu. Setelah 4 tahun menyiarkan Telaga, mulai awal tahun ini Radio Triatma FM di Kuta, Bali tidak lagi mengudarakan program Telaga. Mulai bulan Juli 2012, radio MAX FM di Waingapu juga sudah tidak menyiarkan program Telaga. Menjelang akhir tahun 2012, ternyata radio Langgadopi FM dan RASTA FM di Tentena sudah tidak mengudara lagi. Demikian pula ada 2 radio yang sementara ini tidak mengudara karena masalah perijinan yaitu radio >Surya Sejahtera FM di Kediri dan Blessing FM di Pekalongan.

Tahun 2013

Setelah mengikuti Seminar Sehari tentang "Memulai dan Mengelola Pelayanan Radio Internet Secara Profesional" yang diadakan di Batu pada tgl. 7 Pebruari 2013 dengan Pdt. Johan Kusmanto, MA. sebagai Pembicara, radio Alpha Omega FM di Kertosono menyatakan kesediaannya untuk menyiarkan program Telaga mulai akhir Pebruari 2013. Mulai awal Juni, program Telaga juga disiarkan oleh radio Suara Imanuel FM di Bontang, Kalimantan Timur Bersyukur setelah berulang kali didoakan, Radio Gosyen FM di Wlingi, Blitar menjadi radio ke-3 yang bersedia mengudarakan program Telaga mulai bulan Nopember dalam tahun ini.Menjelang berakhirnya tahun 2013, ada 9 radio yang tidak lagi menyiarkan program Telaga, yaitu radio STAR FM dan Bonapit FM di Tarutung, Christy Mamasa FM di Kab. Mamasa – Sulawesi Barat, Heartline FM di Samarinda, Heartline FM di Lampung, Swara Kemenangan di Manokwari, Lahai El Roi FM di Timika, Keryxon FM di Semarang dan Sion FM di Blora.

Tahun 2014

Awal tahun ini, radio Suzana FM di Surabaya bersedia menyiarkan program Telaga. Pada bulan Oktober, ada tambahan 2 radio yang menyiarkan program Telaga, yaitu radio Suara Kasih Papua FM di Sentani – Jayapura dan radio Yobel FM di Comal – Pemalang.  Menjelang akhir tahun 2014 ternyata ada 2 radio yang tidak lagi menyiarkan Telaga yaitu radio Gemma Satunama AM di Yogyakarta dan Heartline FM di Gianyar, Bali. Ada 2 radio yang sudah tidak mengudara, yaitu radio Sangkakala FM di Banjarmasin dan RAKA FM di Purwoharjo – Banyuwangi sedangkan 5 radio lainnya sangat sulit untuk dihubungi sehingga tidak diketahui keberadaannya, yaitu radio MARS FM di Palu, Syallom FM di Tobelo, Swara Kasih AM di Sangihe, Pemulihan Kasih FM di Bajawa – Flores dan Karina FM di Pematangsiantar. Satu radio yang karena masalah dana dan untuk sementara tidak mengudara adalah Philia FM di Pati.

Tahun 2015

Dalam tahun 2015 hanya ada tambahan 1 radio streaming di Surabaya yang bersedia menyiarkan program Telaga, yaitu radio GRACE ALONE dan bersyukur ternyata Radio Pemulihan Kasih FM di Bajawa – Flores masih menyiarkan program Telaga. Menjelang akhir tahun 2015 ada 1 radio yang tidak bisa dihubungi yaitu radio Pelita Kasih Seryan FM di Kuala Pembuang – Kalteng.
Tahun 2016

Setelah lebih dari satu tahun tidak diketahui keberadaannya, ternyata radio MARS FM di Palu masih menyiarkan Telaga, (radio ini pindah alamat). Pada bulan Maret ada 1 radio yang bersedia menyiarkan program Telaga di Tapanuli Utara, yaitu radio Siborong-Borong FM.  Menjelang akhir tahun 2016 ada beberapa radio yang telah dihubungi dan ternyata 2 radio tidak lagi menyiarkan Telaga, yaitu Bethany FM di Salatiga dan Agape FM di Semarang. Radio Barigas Terang Borneo FM di Palangkaraya dan Siborong-Borong FM di Tapanuli Utara tetap sangat sulit untuk dihubungi sekalipun telah dikirimi surat Kilat Khusus. Disamping itu ada 2 radio yang pemancarnya rusak yaitu Bahtera Hayat FM di Kuala Kapuas (sejak bulan Mei 2016) dan Pelita Kasih Seruyan FM di Kuala Pembuang

Kami tetap berharap Telaga bisa bekerjasama dengan 1 radio di kota Malang dan kita doakan untuk 2 radio yang pemancarnya rusak dan untuk sementara tidak mengudara. Dalam tahun 2017 berharap ada tambahan radio yang bersedia bekerjasama

Maret 2017


Keywords: