Selamat Datang |
Follow us on :

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs TELAGA

Loading

You are hereSegitiga Cinta

Segitiga Cinta


Printer-friendly version
Kode Kaset: 
T363A
Nara Sumber: 
Ev. Sindunata Kurniawan, M.K.
Abstrak: 
Segitiga cinta yang masing-masing sudutnya kita beri nama keintiman, nafsu, dan komitmen ternyata bisa menghasilkan 7 jenis hubungan antara lain rasa suka, cinta kosong, tergila-gila, cinta karib/persahabatan, cinta bodoh, cinta romantis dan cinta sempurna. Simaklah penjelasan masing-masing secara rinci, silakan menikmati.
MP3: 
3.4MB
Ringkasan
Isi: 

Dalam buku yang ditulis oleh seorang ilmuan bernama Robert Sternberg, kita akan memelajari tentang model segitga cinta, kenapa disebut sebagai segitiga cinta, karena model ini menggambarkan bahwa cinta memiliki tiga komponen dasar yakni: keintiman, nafsu dan komitmen.

  • Keintiman (intimacy) adalah komponen afektif atau emosi-perasaan yakni kedekatan yang dirasakan oleh dua orang dan sekaligus kekuatan dari ikatan yang menahan bersama.
  • Nafsu (passion) adalah komponen yang bersifat lahiriah atau biologis yakni dorongan untuk mendekat, menyatu dan memuaskan insting seksual.
  • Komitmen mewakili komponen kognitif atau komponen pikiran dan pertimbangan, yakni pertimbangan untuk mengambil keputusan mencintai dan ingin bersama dengan seseorang, mengikatkan diri dalam bentuk yang resmi serta memertahankan hubungan itu.

Sebagai sebuah model atau gambar, ketiga komponen ini mewakili tiga sudut sebuah segitiga sehingga disebut sebagai segitiga cinta dan dari ketiga sudut tersebut muncullah tujuh jenis hubungan yang antara lain :

  1. Di sudut keintiman, yakni adalah hubungan yang hanya memiliki komponen keintiman saja. Disebut Rasa Suka (liking). Disini terjadi pertemanan saja dengan tanpa daya tarik atau nafsu seksual maupun komitmen jangka panjang. Ada rasa suka, dekat, intim secara emosional tapi tanpa daya tarik seksual maupun komitmen jangka panjang. Jadi sewaktu-waktu hubungan ini bisa ditinggalkan atau dihentikan, karena memang tanpa komitmen.
  2. Jenis hubungan kedua berada di sudut komitmen. Hubungan yang hanya memiliki komponen komitmen saja. Disebut Cinta Kosong (Empty Love). Keputusan atau komitmen untuk mencintai orang lain dengan tanpa sama sekali keintiman emosional/rasa dekat dan nafsu/daya tarik seksual. Bisa dikatakan bentuk hubungan yang berjalan langgeng tapi kering, maka disebut cinta kosong. Ibarat amplop tanpa surat.
  3. Jenis hubungan yang berada di sudut nafsu. Hubungan yang hanya memiliki nafsu saja, disebut tergila-gila, Cinta Nafsu (Infatuation). Hubungan yang semata digerakkan oleh dorongan seksual, penuh gairah seksual dan hanya mengejar pemuasan seksual. Keintiman emosional dan komitmen tidak ada sehingga dalam hubungan macam ini perasaan orang bisa merasa kosong, dikhianati, diperalat dan sama sekali tidak dikasihi.
  4. Jenis hubungan yang berada di sisi segitiga cinta di antara sudut keintiman dan sudut komitmen. Jadi hubungan yang memiliki gabungan komponen keintiman dan komitmen. Disebut Cinta Karib/Cinta Persahabatan (Companionate Love). Hubungan ini merupakan pertemanan yang bersifat jangka panjang, dengan tanpa komponen daya tarik atau dorongan seksual. Berbeda tadi dengan hubungan yang hanya memiliki komponen keintiman, yang disebut Rasa Suka. Kalau Rasa Suka tadi tanpa komitmen, maka Cinta Karib/Cinta Persahabatan memiliki komitmen sehingga hubungan ini lebih bersifat terpelihara dan langgeng.
  5. Jenis hubungan yang kelima, berada di sisi segitiga di antara sudut komitmen dan sudut nafsu. Jenis hubungan yang memiliki gabungan komponen nafsu dan komitmen. Disebut Cinta Bodoh/Cinta Tanpa Pengenalan (Fatuous Love). Jenis hubungan ini bisa terjadi pada pria dan wanita yang setelah bertemu hanya beberapa kali dan belum begitu mengenal, sudah melakukan hubungan seksual, kemudian menikah. Setelah menikah, masing-masing pun merasa tidak perlu meningkatkan mutu kehidupan pernikahan mereka dan tidak ada dialog dari hati ke hati.
  6. Jenis hubungan yang berada di sisi segitiga di antara titik sudut nafsu dan titik sudut keintiman. Jenis hubungan yang memiliki gabungan komponen keintiman dan nafsu, disebut Cinta Romantis.
  7. Jenis hubungan yang ketujuh atau terakhir berdasarkan model segitiga cinta berada di dalam segitiga, di tengah-tengah segitiga. Jenis hubungan yang memiiki gabungan komponen keintiman, nafsu dan komitmen. Disebut Cinta Sempurna, Cinta Lengkap (Consummate Love). Cinta ini dinyatakan sebagai bentuk cinta yang ideal, namun tidak mudah untuk dicapai karena cinta manusia itu bukanlah barang statis dan menetap, melainkan bisa berubah-ubah oleh berbagai situasi, sehingga memiliki cinta yang mengandung tiga komponen secara bersama-sama. Memang bisa dicapai tapi juga rentang dengan perubahan waktu dan kondisi. Suami istri di awal pernikahan bisa dominan dengan Cinta Romantis, sejalan dengan proses belajar akhirnya memiliki Cinta Lengkap lalu sejalan usia dimana gairah seksual makin menurun akhirnya beralih menjadi Cinta Karib/ Cinta Persahabatan. Itu hal yang normal dan tidak ada yang salah.