Ev. Sindunata Kurniawan, M.K.

Ev. Sindunata Kurniawan, M.K.

LGBT (4) Temanku Gay

Dalam pertemanan, kita bisa saja bertemu dengan kaum penyuka sesama jenis. Seringkali kita kikuk, tidak tahu harus berespon seperti apa. Sebenarnya kaum penyuka sesama jenis itu beragam dari latar belakang dan ekspresi diri. Mayoritas mereka juga bukan pemangsa seksual! Kita masih bisa berteman dengan mereka. Pertanyaannya adalah pertemanan yang seperti apa?

Spiral Kebencian

Kebencian adalah emosi umum tiap individu. Namun jika emosi yang menunjukkan ketidaksukaan itu disebarkan ke publik, akan memicu konflik bahkan kejahatan atas kemanusiaan. Seorang ahli psikologi yang bekerja untuk badan investigasi federal Amerikat Serikat, FBI, bernama Jack Schafer Ph.D. membagi tujuh tahap Spiral Kebencian.

Ujaran Kebencian

Ujaran kebencian (hate speech) makin banyak kita temui di negeri kita. Sekarang apapun yang kita ucapkan bisa dengan cepat menjadi viral, menyebar ke berbagai lapisan masyarakat, seolah tiap kita adalah penyiar berita. Bagaimana mengatasinya?

Cinta Uang (II)

Ternyata saya cinta uang! Adakah kesempatan saya untuk bertobat dan menjadi cinta Tuhan? Apa solusinya?

Cinta Uang (I)

“Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. … Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” (Matius 6:24) Berikut dipaparkan tanda-tanda sekaligus akibatnya bila kita cinta uang kemudian dibandingkan dengan tanda-tanda dan akibatnya bila kita cinta Tuhan. Kita termasuk yang mana ya?

Uang dan Harta (II)

Lima belas persentase pengajaran Yesus di bumi adalah mengenai uang dan harta – jauh lebih banyak persentasenya dibanding pengajaran-Nya tentang surga dan neraka. Mari kita lihat konsep uang dan harta dari sudut pandang Yesus berdasarkan Injil Lukas.

Uang dan Harta (I)

Lima belas persentase pengajaran Yesus di bumi adalah mengenai uang dan harta – jauh lebih banyak persentasenya dibanding pengajaran-Nya tentang surga dan neraka. Mari kita lihat konsep uang dan harta dari sudut pandang Yesus berdasarkan Injil Lukas.

Anakku Gay (II)

Bila kita tahu anak kita menyukai sesama jenis, mari luapkan semua beban hati kepada Tuhan dan beri respon yang benar kepada sang anak. Tetap buka pintu komunikasi.

Anakku Gay (I)

Mengetahui anak menyukai sesama jenis bisa menjadi pukulan paling menyakitkan bagi orangtua. Seringkali orangtua meresponinya dengan keliru – marah, menolak sang anak, menyuruhnya menikah dengan lawan jenis, dan lain-lain – yang ternyata malah memperburuk hubungan anak dengan orangtua

Rehabilitasi Remaja Bermasalah

Dikatakan remaja bermasalah bila ia melanggar aturan-aturan umum di rumah, di sekolah, atau di masyarakat seperti membolos, melawan orangtua, mencuri, terlibat seks bebas dan narkoba. Untuk menolong mereka, kita perlu tahu apa yang melatarbelakangi masalahnya, kemudian turut aktif dalam mendampingi masa rehabilitasi mereka, baik dengan memberikan pendampingan individu maupun komunitas.

Halaman

Berlangganan RSS - Ev. Sindunata Kurniawan, M.K.