Selamat Datang |
Follow us on :

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs TELAGA

Loading

You are hereBahaya Narkoba

Bahaya Narkoba


Printer-friendly version
Kode Kaset: 
T266A
Nara Sumber: 
Pdt.Dr. Paul Gunadi
Abstrak: 
Narkoba sangat berbahaya bagi manusia. Sebetulnya narkoba itu merupakan zat atau obat yang seharusnya digunakan untuk maksud yang lebih “therapeutic”, yang baik, tapi kemudian digunakan untuk maksud yang lain dan buruk yang akhirnya menimbulkan kecanduan. Di sini akan di paparkan jenis-jenis narkoba dan bagaimana kita bisa mengenali gejala dari pengguna narkoba, agar kita sebagai orang tua bisa memberikan penjelasan-penjelasan kepada anak kita tentang bahaya narkoba, sehingga sejak kecil mereka tahu bahwa itu adalah sesuatu yang harus mereka jauhi.
MP3: 
3.60 MB
Ringkasan
Isi: 

Walaupun sudah banyak artikel atau diskusi tentang bahaya narkoba tetapi ternyata pengguna narkoba khususnya di tanah air ini masih banyak. Dan narkoba ini sangat berbahaya terhadap manusia, kalau orang sudah terjerat narkoba yang pertama adalah upaya melepaskan diri merupakan upaya yang sangat berat dan tidak mudah untuk lepas. Yang kedua adalah bahayanya atau dampaknya yang merugikan baik pada si pribadi atau pada orang di sekitarnya juga sangatlah besar.

Sebelum kita membicarakan lebih jauh tentang narkoba, kita akan membahas dahulu arti dari kata NARKOBA. NARKOBA berasal dari kata NARKOTIK dan OBAT-OBAT yang biasa kita sebut dengan obat-obat terlarang. Sebetulnya narkoba itu merupakan zat atau obat yang seharusnya digunakan untuk maksud yang lebih "therapeutic" yang baik, tapi kemudian digunakan untuk maksud yang lain dan akhirnya menimbulkan kecanduan, tapi bisa juga narkoba adalah zat yang tidak digunakan untuk maksud atau tujuan medis tapi memang digunakan 100 persen hanya untuk tujuan kenikmatan yang akhirnya membawa kerugian yang besar dalam diri seseorang.

Mengenal Pelbagai Jenis Narkoba :
  • Penenang atau depresans, misalnya alkohol, heroin, kodein, morfin, opium (madat), marijuana, hasis.
  • Perangsang atau stimulans, seperti ekstasi, kokain, amfetamin, metafentamin, shabu-shabu.
  • Pengkhayal atau psikodelik, misalnya LSD.
  • Pemati rasa (anastetik), seperti PSP.
Mengenal Gejala Pemakaian Narkoba :
  1. Perubahan jadwal tidur: malam jadi siang dan siang jadi malam.
  2. Perubahan pergaulan: berkumpul dengan sesama teman pengguna narkoba.
  3. Perubahan aktivitas: meninggalkan aktivitas lama.
  4. Perubahan penggunaan uang: membutuhkan uang dalam jumlah besar berulang-kali tanpa kejelasan.
  5. Perubahan prestasi akademik: menurunnya semangat dan konsentrasi belajar.
  6. Perubahan fisik: nafsu makan berkurang, lesu, dan hidung terus mengeluarkan lendir.
  7. Perubahan kondisi mental: emosi labil, muncul pikiran-pikiran irrasional seperti kecurigaan berlebih.
  8. Perubahan rohani: menurunnya minat rohani, menjauh dari Tuhan dan kegiatan rohani, menyalahkan Tuhan dan sesama orang percaya.
Firman Tuhan :

Amsal 4:14-15, "Janganlah menempuh jalan orang fasik, dan janganlah mengikuti jalan orang jahat. Jauhilah jalan itu, janganlah melaluinya, menyimpanglah dari padanya dan jalanlah terus." Jadi firman Tuhan meminta kita untuk menjauhi jalan orang fasik, menjauhi jalan orang berdosa, jangan kita mengikutinya. Sebagai orang tua kita mesti menekankan ini kepada anak-anak, kita sadarkan anak tentang bahaya narkoba, sehingga sejak kecil mereka tahu bahwa itu adalah sesuatu yang harus mereka jauhi. Waktu nanti ada orang yang menawarkan kepada mereka, mereka akan dengan tegas berkata "tidak" dan tidak itu bukanlah sesuatu yang memalukan, berkata "tidak" adalah sesuatu yang membanggakan karena kita mau berjalan di jalan Tuhan.