Profil Konselor

Versi printer-friendly

Nama-nama berikut ini adalah para konselor yang menjadi Narasumber dari materi situs ini :

  • Pdt. Paul Gunadi B.A. Psikologi (Azusa Pacific College), M.A. Konseling (Denver Seminary), Ph.D. Psikologi Konseling (University of Southern California) adalah dosen tamu di bidang konseling di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang dan STT Reformed Injili Indonesia, Jakarta. Beliau ditahbiskan sebagai pendeta di Gereja Injili Indonesia, Azusa, California dan pernah melayani di sana sebagai pendeta pembantu; Children’s Social Worker di Los Angeles County Department of Children’s Services, dan Behavioural Specialist, College Hospital, Cerritos, California. Mulai bulan Juni 2005 beliau bermukim di USA bersama istri dan ketiga anak mereka. Putri pertama telah menikah dan dikaruniai 3 orang anak. Putra tunggal menikah bulan Juli 2018 dan putri bungsu juga sudah menikah pada awal September 2018.
  • Heman Elia, S.Psi. Universitas Gajah Mada, M.Psi. Universitas Indonesia, adalah dosen purnawaktu bidang konseling di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang. Beliau pernah melayani sebagai dosen psikologi dan ketua jurusan bimbingan dan konseling di Universitas Katolik Indonesia Atmajaya, Jakarta; dan sebagai konselor di Pusat Konseling dan Pelatihan IPEKA, Jakarta. Beliau bermukim bersama istri di Malang. Putra yang sulung sudah menikah, putra kedua bekerja di Jakarta dan putra bungsu telah lulus kuliah di ITB Bandung.
  • Esther Tjahja, S.Psi. Universitas Gajah Mada, M.A. in Counselling (Denver Seminary - Colorado, USA) adalah staf psikologi purnawaktu di Pastorium, Pusat Pelayanan Pastoral Seminari Alkitab Asia Tenggara dan dosen parowaktu di seminari yang sama. Sebelumnya beliau adalah psikolog di Pusat Konseling dan Pelatihan IPEKA, Jakarta. Beliau serta suami dan seorang anak tinggal di Malang.
  • Sindunata Kurniawan,, S.Psi. Universitas Gajah Mada, M.K. Seminari Alkitab Asia Tenggara sejak Oktober 2012 menjadi narasumber rekaman audio Tegur Sapa Gembala Keluarga (Telaga), mulai 1 Juli 2013 menjadi salah seorang konselor di Pastorium – Malang. Beliau dengan istri dan seorang putra tinggal di Malang. Pada tanggal 9 September 2018 berangkat ke Manila untuk melanjutkan studi di De La Salle University. Pada tanggal 10 Juli 2020 mendapat gelar Master Philosophy (M.Phil.) in Applied Theology with Specialization in Formative Counseling.
  • Pdt. Vivian A. Soesilo adalah co-pastor dari GBT Kristus Pelepas, Malang dan pendeta emiritus dari Indonesian & Multicultural Church, Brisbane – Australia. Sebagai dosen tamu di STT Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang dan Brisbane School of Theology. Meraih Bachelor of Arts (Bahasa Inggris), Master of Divinity (Perjanjian Baru), Doctor of Ministry (Konseling Pastoral), Graduate Diploma (Konseling Pasangan) dan Master of Counselling. Menikah dengan Pdt. Daud Soesilo, Ph.D. dan dikaruniai dua orang putra yang sudah dewasa.

Nama-nama berikut ini adalah para konselor di berbagai kota :

  • Suriati Abdul Gani, S.Th. Seminari Alkitab Asia Tenggara, M.A. in Education, pernah melayani sebagai penginjil di Sekolah dan Gereja Kristen Kalam Kudus, Green Garden, Jakarta; Gereja Kristen Baptis Jakarta, Palembang dan Gereja Kristen Indonesia Anugerah, Bandung. Suami, Pdt. Dr. Martus A. Maleachi adalah mantan Ketua di Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang. Pertengahan tahun 2020 pindah ke Jakarta dan kedua putrinya yaitu Shalomita Kristanugraha masih melanjutkan studi di USA dan Tamadea Charissa sudah lulus dan bekerja.
  • Pdt. Dr. Jozef Hendrik Soplantila, B.Th. dan S.Th. Institut Injil Indonesia, M.Div. dan M.Th. Institut Alkitab Tiranus, pernah menggembalakan GKII Curup, pernah mengajar di Pendidikan Theologia Tanjung Enim dan di beberapa Sekolah Tinggi Theologia seperti STT Providensia, ATESIA, SATI; pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Literatur YPPII, Batu dan memimpin pusat latihan PII Kediri. Sekarang selain menjadi dosen di STT Salem, Malang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, mengajar di Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) dan STIPAK di Malang.
  • Shelfie Tjong, S.Psi. Universitas Kristen Maranatha (UKM) Bandung, M.A. in Christian Studies di Sekolah Tinggi Teologia Bandung dan M.K. di Seminari Alkitab Asia Tenggara. Pernah melayani sebagai staf konselor di Unit Konseling dan Pengembangan Diri UKM; sebagai guru Bimbingan dan Konseling di SLTP Bina Bakti Bandung; sebagai penginjil di Gereja Kristen Jakarta. Mulai 1 Oktober 2009 selama 10 bulan memperdalam studi di Living Waters, Vancouver – Canada dan sejak bulan Juni 2013 menjadi konselor paruh waktu di Pastorium, dosen paruh waktu di SAAT – Malang dan staf paruh waktu (Koordinator Pengembangan Tim) di Pancaran Anugerah (Living Waters Malang). Akhir Juli 2020 berhasil lulus ujian sidang thesis dan meraih gelar M.Th.(menggantikan M.K. sebelumnya).
  • Daud Adiprasetya, Pendeta Emeritus Gereja Kristen Indonesia. Pernah melayani di GKI Coyudan Solo, di GKI Ambarawa, Madiun, Malang, Yogyakarta dan akhirnya kembali dipanggil di GKI Coyudan Solo. Ketiga orang anaknya sudah menikah; anak pertama dan kedua dikaruniai seorang anak, tinggal di Yogya sedangkan anak ketiga dikaruniai 3 orang anak tinggal di Jakarta. Mulai 17 Mei 2010 beliau melayani di GKI Magelang dan telah pindah ke Magelang. Sejak 29 April 2012 untuk sementara melayani di GKI Muntilan. Sepanjang tahun 2017 melayani di GKI Kediri dan sejak awal tahun 2018 kembali ke Magelang.
  • Pdt. Didi Darsono, S.Th di STT Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, M.A. in Christian Counselling di STT IMAN Jakarta, pernah melayani dan ditahbiskan menjadi Guru Injil di Gereja Santapan Rohani Indonesia Jemaat Kebayoran Baru Jakarta. Pernah menjadi staf konselor di Radio Heartline FM Karawaci - Banten. Pernah tinggal bersama istri dan seorang anak di Makassar, melayani di GKI Sulawesi Selatan - Makassar sebagai sekretaris Sinode. Disamping itu beliau juga membina Marriage Enrichment(ME). Sejak tanggal 16 Nopember 2013, ditahbiskan sebagai pendeta dari GKI Sulawesi Selatan di Makassar. Mulai awal Januari 2017 pindah ke GKI Palu. Mulai tanggal 2 April 2019 pindah ke Jambi, menjadi Direktur Sekolah Kristen Bina Kasih, Jambi.
  • Betty Tjipta Sari, S.Psi. di Fak.Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Program Profesi Psikolog di Fak.Psikologi Universitas gajah Mada Yogyakarta, M.K. Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang. Pernah bekerja di Pusat Pengembangan Pribadi, Univ. Kristen Duta Wacana Yogyakarta sebagai konselor, sebagai kepala sekolah di My Little World Preschool dan di Lembaga Konsultan Psikologi. Mulai pertengahan 2006 s.d. Desember 2009 menjadi pengerja fulltime di GKI Gejayan Yogyakarta khususnya pelayanan konseling dan mulai pertengahan 2010 melanjutkan studi di Tilburg, Belanda. Sementara menyelesaikan disertasinya, bulan Maret 2018 telah pindah ke Voorburg (dekat Den Haag). Tanggal 16 Juni 2020 berhasil memertahankan disertasinya dan lulus dengan gelar Ph.D.
  • Pdt. Esther J.Rey, S.Th di STT Cipanas, M.K. Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang. Pernah melayani di Malang pada tahun 1998 – 2002, kemudian tahun 2003 – 2009 melayani sebagai misionaris yang tinggal di RRC dan tahun 2009 kembali ke Indonesia sampai saat ini bersama suami dan kedua anaknya tinggal dan melayani GII Hok Im Tong di Bandung. Anak pertama kuliah di Univ. Ciputra. Akhir Juli 2020 telah lulus ujian sidang thesis dan berhasil meraih gelar M.Th. (menggantikan gelar M.K. sebelumnya).
  • Ferry Hartanti, Sarjana Hukum Universitas Brawijaya Malang, M.K. Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang. Pernah bekerja di P.T. Trisula Manunggal Jaya Malang pada tahun 1995 – 1998 dan sebagai Sekretaris di Pastorium, SAAT Malang pada tahun 2004 – 2009. Kini menjadi salah seorang konselor di Pastorium, Malang.
  • Andrew Abdi Setiawan, Sarjana Teologi (S.Th.) Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang (1999 – 2004), Master of Ministry (M.Min.) Trinity Theological College, Singapore (2006 – 2007). Mendalami keterampilan ilmu konseling selama 60 jam di Pusat Konseling Lifespring, Jakarta (2012), melayani sebagai hamba Tuhan penuh waktu dan Kepala Pusat Konseling di Gereja Kristen Kalam Kudus (GKKK), Surakarta ( 2007 – 2011 ), dosen luar biasa di Universitas Kristen Petra dan Universitas Pelita Harapan Surabaya (2011-2012) dan saat ini melayani sebagai konselor di Oasis Counseling Center, Surakarta. Penulis beberapa buku yang diterbitkan oleh Gramedia (2009) dan Penulis kedua (bersama Paul Gunadi) dari beberapa booklet yang diterbitkan oleh Literatur SAAT (2009 & 2011)
  • Hendra, Sarjana Sastra Inggris (S.S.) Universitas Bina Nusantara (2002 – 2007), M.K. Seminari Alkitab Asia Tenggara (2009 – 2012). Saat ini bersama istri dan kedua anaknya tinggal di Jakarta, melayani sebagai Pembina Pelayanan Siswa Pelita – Gepembri Kemurnian. Akhir Juli 2020 telah lulus ujian sidang thesis dan berhasil meraih gelar M.Th. (menggantikan gelar M.K. sebelumnya).
  • Hanny Hernajanti (Hanny Hauw), S.Th. di STTB Bandung dan MAKP di SAAT Malang. Pernah melayani di GII HIT Garut, menjadi konselor di Pusat Konseling Harmonium, Surabaya, guru BK di Sekolah Nasional Kesatuan Bogor dan sejak tahun 2004 menjadi konselor di SAAT Malang. Menikah dengan Pdt. Andreas Hauw dan dikaruniai 3 orang anak. Akhir Juli 2020 telah lulus ujian sidang thesis dan berhasil meraih gelar M.Th. (menggantikan gelar MAKP sebelumnya).
  • Suzanna Hilaria Halim,, S.Psi. di Universitas HKBP Nommensen, Medan dan M.Th. di STT SAAT Malang. Saat ini sebagai konselor di Departemen Konseling Gereja Kristen Kalimantan Barat, Pontianak. Menikah dengan Ev. Herfianton pada tgl. 21 Maret 2020 di GKKB, Pontianak.
Updated : Agustus 2020
Keywords: