Problem Seksual dalam Pernikahan

Versi printer-friendly
Desember

Berita Telaga
Edisi No. 16 /Tahun II/ Desember 2005/


Diterbitkan oleh Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK)
Sekretariat: Jl. Cimanuk 58 Malang 65122 Telp./Fax.:0341-493645 Email: telaga@indo.net.id
Website: http://www.telaga.org Pelaksana: Melany N.T., Lilik Suharmini
Account : BCA.KCP Blimbing no. 331-0311277


Sahabat Telaga yang dikasihi Tuhan,

Di penghujung tahun 2005 ini tentu ada banyak sahabat yang sedang sibuk mempersiapkan Natal. Baik di gereja, di rumah, di kantor atau di mana pun tempat pelayanannya. Melalui kesempatan ini tak lupa kami ingin mengucapkan: "Selamat Natal 2005 & Tahun Baru 2006" kepada semua pihak yang telah dengan setia mendukung kami sepanjang tahun 2005, baik dalam DOA, TENAGA dan melalui DANA.

Kiranya Tuhan memberkati pelayanan Telaga dan sahabat Telaga semua di tahun yang akan datang.

PROBLEM SEKSUAL DALAM PERNIKAHAN

Salah satu masalah yang kerap melanda pasangan nikah adalah masalah seksual. Malangnya, sering kali masalah ini tak terungkapkan dan menjadi duri dalam relasi. Berikut ini akan dipaparkan beberapa masalah yang sering muncul, penyebabnya, dan pemecahannya.

  • Ketidaksesuaian frekuensi. Tubuh kita mempunyai kebutuhan seksual yang tidak sama, jadi kita perlu membicarakannya dengan terbuka namun tidak memaksa. Nyatakanlah kebutuhan kita dan mintalah pemenuhannya. Sebaliknya, pihak yang tidak membutuhkan banyak, jangan memandang rendah pasangannya atau menunjukkan sikap menolak. Pada intinya yang membutuhkan sedikit harus meningkatkan batas maksimalnya sedangkan yang membutuhkan banyak perlu meningkatkan batas minimalnya.

  • Masalah biologis, seperti disfungsi ereksi dan nyeri dalam berhubungan memerlukan pemeriksaan dan penyembuhan medis. Namun adakalanya problem disfungsi ereksi lebih bersifat psikologis dan masalah nyeri lebih merupakan ketergesaan belaka sehingga tidak memberi waktu persiapan untuk terjadinya pelumasan.

  • Ketakutan hamil. Acap kali ketakutan ini menghalangi wanita untuk berhubungan, itu sebabnya perlu konsultasi penggunaan alat kontrasepsi.

  • Keletihan. Tubuh dan jiwa yang letih membuat kita kehilangan interes untuk berhubungan, jadi perlu keseimbangan hidup.

  • Kehilangan minat karena tidak tertarik pada pasangan secara fisik. Jika ini yang terjadi, lakukanlah atas dasar cinta--memberi yang terbaik kepadanya.

  • Keengganan berhubungan akibat dampak masa lalu. Ada orang yang tidak ingin berhubungan karena menganggap seks sebagai alasan runtuhnya pernikahan orangtua. Seks dikaitkan dengan perselingkuhan dan penyebab kehancuran keluarga. Ada pula orang pernah menjadi korban pelecehan seksual dan ini berakibat pada ketakutannya untuk berhubungan.

  • Pandangan keliru terhadap seks. Ada orang yang mengaitkan seks dengan jasmani dan segala yang jasmaniah dianggap tidak kudus alias dosa. Seks adalah ciptaan dan pemberian Allah kepada umat manusia; Tuhan sudah mengaturnya sedemikian rupa sehingga seks hanya dibolehkan dalam ikatan nikah. Dengan kata lain, relasi badaniah terintim ini hanya dapat terjadi dengan aman dalam naungan kasih pernikahan.

    Firman Tuhan berkata, "Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap istrinya, demikian pula istri terhadap suaminya. Istri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri tetapi istrinya." (1 Kor 7:3-4)

MENGENAL LEBIH DEKAT

Di akhir tahun 2005 ini kami ingin memper-kenalkan HEARTLINE FM NETWORK yang mencakup jaringan Radio HEARTLINE FM, menjalin kerja sama dengan TELAGA sejak Oktober 2003. Bentuk kerja samanya setiap enam bulan ditinjau kem-bali. Oleh karena kemurahan Tuhan saja, hingga akhir tahun 2005 ini bahkan mengawali tahun 2006 sampai bulan Juni 2006 menda-tang, HEARTLINE FM NETWORK masih tetap menjalin kerja sama untuk menyiarkan program Telaga pada masing-masing radio yaitu Radio HEARTLINE FM Lampung dan Radio HEARTLINE FM Bali. Untuk kali ini kami ingin mengenalkan Radio HEARTLINE FM Lampung, frekwensi 92,15 MHz., berada di bawah naungan PT. RADIO SUARA SEJAHTERA.

TELAGA disiarkan setiap hari Minggu pk. 23.00 WIB. Jangkauan siarannya meliputi Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan. Tetap menjadi kerinduan terbesar kami, Telaga menjadi berkat buat anak-anak Tuhan khususnya yang ada di daerah Lampung dan sekitarnya. Oleh karena itu bagi semua sahabat Telaga yang memiliki saudara, teman dan handai taulan yang tinggal di daerah Lampung, informasikan kabar baik ini, supaya nama Tuhan dipermuliakan.

DONATUR

Terima kasih untuk para donatur yang sudah memberikan sumbangannya, yaitu:

1.Sdr. Andre - JakartaRp. 1.000.000,00
2.Bp. Purwanto-JakartaRp. 150.000,00
Penjualan kaset, CD dan bookletRp. 2.091.000,00
Total pemasukan sebesarRp. 3.241.000,00
Pengeluaran TELAGA bulan iniRp. 5.185.130,-

DOAKANLAH

  1. Keluarga Ibu Nanik Rahayu yang baru saja ditinggalkan oleh ibunda tercinta pulang ke rumah Bapa pada 19 Desember 2005, supaya Tuhan sendiri yang memberikan kekuatan dan penghiburan secara khusus. Ibu Nanik Rahayu adalah bendahara LBKK dan merangkap bendahara Telaga.

  2. Bersyukur untuk 5 dari 7 naskah booklet Telaga bisa diselesaikan pada akhir tahun ini, sehingga dapat diserahkan kepada pihak Metanoia Publishing. Doakan supaya keselu-ruhan 7 booklet yang akan diterbitkan ini akan menjadi berkat bagi para pembaca.

  3. Kembali Tuhan membuka jalan bagi anak-anak Tuhan yang ada di daerah Blitar dan sekitarnya; Telaga akan bisa didengarkan melalui Radio Harmoni FM di Blitar.

TELAGA MENJAWAB

Pertanyaan:
Saya sedang bergumul dengan masalah seks yang saya lakukan dengan kekasih saya 2 tahun terakhir. Saya menyadari sepenuhnya bahwa apa yang kami perbuat adalah dosa, dan saya tidak ingin lebih lama lagi hidup dalam masalah ini. Kekasih saya juga tidak ingin berlama-lama lagi hidup dalam dosa yang kami lakukan. Saya memutuskan untuk menikahi kekasih saya. Bisakah Telaga membantu saya untuk lepas dari dosa-dosa ini?

Jawaban:

Ada beberapa saran yang dapat menolong Anda keluar dari masalah seksual tersebut:

  1. Sirami hati Anda dengan Firman Allah. Firman Allah akan memberi peringatan dan sekaligus kekuatan bagi Anda untuk melawan godaan seksual. Bacalah dan renungkanlah firman-Nya setiap hari.

  2. Pertahankan batas sejauh-jauhnya dan sepanjang-panjangnya. Jangan memulai sentuhan fisik terlalu dekat dan cepat.

  3. Bicarakan godaan seksual secara terbuka dan doakan bersama. Jangan merasa sungkan atau tidak enak hati melukai pasangan Anda. Keterbukaan menunjukkan kedewasaan dan kesadaran untuk menghadapi secara matang. Sepakati batas fisik dan hormati keputusan itu sebab dengan cara itulah Anda menghormati tubuh pasangan Anda sebagai rumah Allah yang kudus.

  4. Hindarkan keberduaan dan keterpisahan. Bertemulah di tempat terbuka dan umum; jangan mencari-cari kesempatan untuk menyendiri guna melaksanakan niat seksual Anda.

  5. Bicarakan dan akuilah masalah Anda dengan seorang Pemimpin Rohani agar Anda bisa mempertanggungjawabkan perbuatan Anda secara berkala dan terbuka. Mintalah kesediaannya menjadi pengawas yang akan terus mengecek kemajuan Anda. Keberadaan seorang pengawas akan menolong Anda hidup kudus dan bertanggung jawab.

  6. Jangan menyerah. Godaan seksual merupakan godaan besar yang adakalanya membuat putus asa untuk melawannya. Namun Tuhan ingin melihat usaha Anda melawan dosa dan Ia menghargai upaya yang keras. Jangan menyerah atau membenarkan diri. Akui kejatuhan Anda tetapi bangunlah kembali; setiap hari merupakan hari pengujian, sebab itulah esensi kehidupan Kristen.

    Kami menghargai keputusan Anda untuk menikahi kekasih Anda. Tetapi berusahalah sebelum memasuki jenjang pernikahan untuk membereskan masalah dosa seksual ini bersama dia. Saudara berdua harus berani mengambil suatu komitmen yang sungguh-sungguh untuk hidup kudus di dalam Tuhan. Anda akan merasakan kehidupan yang diubahkan secara luar biasa oleh Tuhan sambil terus berdoa agar tetap bertahan hidup di dalam kehendak-Nya.

ANEKA KADO

Aneka kado ini tidak dijual di toko. Anda bisa menghadiahkannya setiap saat dan tak perlu membeli! Meski begitu, delapan macam kado ini adalah hadiah terindah dan tak ternilai bagi orang-orang yang Anda sayangi ....

  1. KEHADIRAN
    Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir dihadapannya lewat surat, telepon, foto atau faks. Namun dengan berada disampingnya, anda dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran Anda sebagai pembawa kebahagiaan.

  2. MENDENGAR
    Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini, sebab kebanyakan orang lebih suka didengarkan ketimbang mendengarkan. Sudah lama diketahui, bahwa keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan. Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan Anda dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya. Ini memudahkan Anda memberi tanggapan yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekadar ucapan terima kasih pun akan terdengar manis baginya.

  3. D I A M
    Seperti kata-kata, di dalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir, atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya. Diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya "ruang". Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasihati, mengatur, mengkritik bahkan mengomeli.

  4. KEBEBASAN
    Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah, " Kau bebas berbuat semaumu." Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

  5. KEINDAHAN
    Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik? Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado lho. Bahkan tak salah jika Anda mengkadokannya tiap hari! Selain keindahan penampilan pribadi, Anda pun bisa menghadiahkan keindahan suasana di rumah. Vas dan bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan yang tertata indah, misalnya.

  6. TANGGAPAN POSITIF
    Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi anda. Ingat-ingat pula,pernahkah anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf ), adalah kado cinta yang sering terlupakan.

  7. KESEDIAAN MENGALAH
    Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi cekcok yang hebat. Semestinya Anda pertimbangkan, haruskah sebuah hubungan cinta dikorbankan jadi berantakan hanya gara-gara persoalan itu? Bila Anda memikirkan hal ini, berarti anda siap memberikan kado "kesediaan mengalah". Okelah, anda mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali itu, kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang berlarut-larut ? Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada satu manusiapun yang sempurna di dunia ini.

  8. SENYUMAN
    Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputus-asaan, pencerah suasana muram, bahkan obat penenang untuk jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi?

((Dikutip dari milis (i-kan - wanita)-8 kado terindah, ditanggung halal!))