Berlayar dengan Arah

Versi printer-friendly
Juli

BERITA TELAGA
Juli 2005

BERLAYAR DENGAN ARAH

Mengapakah Tuhan tidak menciptakan Adam dan Hawa pada waktu yang bersamaan? Tuhan Allah berfirman, "Tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya yang sepadan dengan dia". Kejadian 2:18

Jawabnya adalah

  • Tidak ada pernikahan bila manusia diciptakan pada waktu bersamaan. Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya. Kejadian 2:24
  • Supaya Adam dan Hawa memahami makna pernikahan: KESATUAN. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Kejadian 2:20

Makna Pernikahan
Pernikahan adalah sebuah KESATUAN, di mana kedua individu menjadi satu dalam:

  • Identitas diri, bukan sekadar nama melainkan sense of belonging, kandang, komitmen, kepemilikan.
  • Berperasaan, apa yang dirasakan pasangan, kita pahami dan turut merasakan.
  • Pikiran, memahami dan mencapai titik temu.
  • Bertindak, perbuatan dan keputusan dalam koridor KESATUAN.
  • Tugas membesarkan anak.
  • Rencana keselamatan Allah.

Menyatu tidak identik dengan mendominasi. Menyatu sama dengan melebur, yakni membentuk sesuatu yang baru dengan cara menanggalkan sifat asli masing-masing.

Bagaimanakah caranya kita melebur diri agar menjadi satu kesatuan? MENGASIHI. Dan di atas semuanya itu, kenakanlah kasih sebagai pengikat yang MEMPERSATUKAN dan MENYEMPURNAKAN. Kolose 3:14

Apakah makna mengasihi?
Tindakan melenyapkan diri demi seseorang, misalnya berkorban, memberi yang terbaik dan mengutamakan orang lain. Makin mengasihi, makin melebur. Makin melebur, makin menyatu. Makin menyatu, makin membentuk sesuatu yang baru dan indah—sesuatu yang harmonis. Pernikahan yang harmonis memperindah karakter.

MENGENAL LEBIH DEKAT

Radio Sumber Kasih FM merupakan radio ke sebelas, yang menyiarkan acara TELAGA sejak Pebruari tahun 2000. Nama perusahaannya adalah PT. SWARA GITA CITRA SUMBER KASIH.
Alamat: Jl. 14 Pebruari No. 91 Teling Atas Ling I
Manado 95119 - Sulawesi Utara

Frekuensi 90, 2 MHz
Telaga disiarkan Setiap hari Sabtu pk .18.00 Wita

Jangkauan siaran meliputi :
Manado dan sekitarnya, Minahasa Utara

BERITA TERBARU

Pertama, dalam bulan Juli ini ada 10 surat yang masuk, 8 surat via e-mail dan 2 surat via pos. Isi surat tersebut seputar masalah, sebagai berikut:

  • Ketidakcocokan antara anak dengan ibunya yang sudah lanjut usia.
  • Homoseksualitas
  • Pria yang telaten dengan anak-anak dan menyukai pekerjaan wanita.
  • Cara menangani schizophrenia.
  • Cara mengambil keputusan yang dikehendaki Tuhan.

Kedua, sehubungan dengan adanya perubahan program siaran di Radio Swara Teladan Anugerah FM di Medan – Sumatera Utara, maka untuk sementara waktu mulai Juni 2005 program acara TELAGA belum dapat disiarkan.

DONATUR BULAN INI

Donatur yang memberikan sumbangannya bulan ini, yaitu :

Bp. Samuel Lie - Jakarta   Rp. 24.000,-
Kel. Rustam Effendi – Bandung   Rp. 1.000.000,-
Pengeluaran TELAGA selama bulan Juli 2005± Rp. 7.500.000,-

UNTUK DISIMAK

Penyebab utama kerusakan hati adalah :
  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
  2. Tidak buang air di pagi hari.
  3. Pola makan yang terlalu berlebihan.
  4. Tidak makan pagi.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
  6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
  7. Minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkomsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
  8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3 – 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup mengatur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan "jadwalnya". Sebab:

  1. Malam hari pk 21 - 23 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
  2. Malam hari pk 23 - dini hari pk 01 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  3. Dini hari pk 01 - 03 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
  4. Dini hari pk 03 - 05 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  5. Pagi pk 05 - 07 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
  6. Pagi pk 07 - 09 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 06:30. Makan pagi sebelum pk 07:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk. 09 - 10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul empat dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang.

Sumber : Dialihbahasakan secara bebas dari artikel berbahasa Mandarin oleh Siwu

PROGRAM TELAGA bisa tetap berjalan, berkat dukungan doa, tenaga dan dana.

Bagi Bapak/Ibu/Sdr. yang terbeban untuk mendukung dalam DOA, silakan memberitahukan supaya setiap pertengahan bulan dapat kami kirimkan POKOK DOA.

Apabila Bapak/Ibu/Sdr. berkenan memberikan sumbangan, bisa :

* ditransfer ke rekening TELAGA di BCA.KCP Blimbing no. 331-0311277
a.n. Melany E.Simon (bukti transfer harap di fax. ke 0341-493645).
* diberikan tunai dengan memberitahukan kami lewat telp. (0341) 493645 supaya kami dapat mengambilnya (bagi Bapak/Ibu/Sdr. yang berdomisili di Malang).

Malang, akhir Juli 2005
Disiapkan oleh : Lilik S.
Disempurnakan oleh : Melany N.T.