Selamat Datang |
Follow us on :

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs TELAGA

Loading

You are herePendidikan Anak Usia 0-10 Tahun

Pendidikan Anak Usia 0-10 Tahun


Printer-friendly version
Kode Kaset: 
T016B
Nara Sumber: 
Pdt. Dr. Paul Gunadi
Abstrak: 

Waktu anak terdidik dengan baik, maka dia akan mendatangkan sukacita bagi kita orangtua. Dalam topik ini orangtua diajak untuk mengetahui bagaimana mendidik anak, khususnya bagi ibu muda.

MP3: 
3.45 MB
Ringkasan
Isi: 

Amsal 29:17 berkata: "Didiklah anakmu maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu dan mendatangkan sukacita kepadamu."

Jadi Alkitab meminta kita untuk mendidik anak kita dan tujuannya adalah waktu anak kita terdidik dengan baik dia akan pada akhirnya memberikan ketenteraman kepada kita, ketenangan dan juga membawa sukacita kepada kita. Mendidik anak menjadi suatu persoalan tersendiri bagi seorang ibu. Suatu riset mengemukakan bahwa: perempuan itu lebih mudah mengalami depresi dibanding pria, bahkan dikatakan perbandingannya 2 : 1. Namun di antara wanita yang paling mudah dan paling rawan dihinggapi depresi adalah para ibu muda yang tinggal di rumah mengasuh anak-anak kecil. Para ibu ini merasakan keterjebakan, merasakan kejenuhan, merasakan kelelahan mental yang amat sangat dalam mendidik anak-anak yang masih kecil. Pada masa ini si suami perlu membatasi diri dan perlu memberikan dirinya agar bisa saling berbagi rasa dengan istrinya, dengan cara ini beban si istri berkurang karena perasaan tertekannya, frustasinya itu bisa diungkapkan. Sehingga keesokan harinya waktu dia menjaga si anak lagi, dia seolah-olah mendapatkan kekuatan yang baru.

Bagi ibu muda yang bekerja atau aktif dalam pelayanan, pada prinsipnya harus bisa membagi waktu dengan baik sehingga anak-anak masih mendapatkan perhatian yang cukup dari si ibu. Idealnya anak-anak yang masih kecil dirawat secara penuh waktu oleh ibunya, masih kecil dalam pengertian sampai anak-anak usia sekolah, kalau memungkinkan ibu itu tidak bekerja di luar. Setelah anak-anak sekolah idealnya adalah ibu muda boleh bekerja di luar tetapi sebatas waktu anak-anak pulang kembali. Misalnya jam 02.00, jam 03.00 ibu itu sudah kembali.

Riset tersebut juga mengatakan bahwa para ibu muda yang berkarier di luar, mereka tidak terlalu rawan terhadap depresi, jadi mereka ternyata bisa lebih senang dan akhirnya mereka merasa lebih efektif dalam mendisiplin anak. Sebab mereka mendapatkan kepuasan batiniah setelah bekerja di luar, sehingga waktu di rumah meskipun capek secara fisik namun secara mental mereka cukup segar. Pola pendidikan anak bisa berubah sesuai dengan perkembangan usianya.

  1. Pada masa kecil anak-anak didisiplin dengan instruksi, perintah langsung. Hal ini untuk anak-anak usia 0 ataui 1 tahun sampai usia sekitar 10 tahun.

  2. Pada anak-anak yang memasuki usia remaja yaitu usia 11 tahun hingga usia 17, 18 tahun didisiplin dengan cara direksi atau petunjuk, pengarahan.

Anak mempunyai keunikan masing-masing, ada anak yang cenderung penurut dan ada anak yang cenderung membangkang, keras kepala. Untuk anak yang mempunyai kemauan keras cenderung susah sekali untuk dididik dengan kekerasan. Jadi kuncinya adalah

  1. Kita harus didik dia dengan lemah lembut. Dengan lemah lembut artinya anak-anak ini cenderung lebih mendengarkan instruksi.

  2. Harus jelas, jelas dalam pengertian si anak tahu kalau dia membangkang dia akan mendapatkan sanksi.

  3. Harus konsisten, artinya kalau kita sudah katakan kita akan hukum, kita akan hukum dia. Kalau kita sudah katakan dia boleh pergi, ya dia boleh pergi.