Selamat Datang |
Follow us on :

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs TELAGA

Loading

You are hereMakna Hidup

Makna Hidup


Printer-friendly version
Kode Kaset: 
T037A
Nara Sumber: 
Pdt. Dr. Paul Gunadi
Abstrak: 

Makna hidup adalah suatu tujuan kenapa manusia ada dan kenapa saya ada di dunia ini. Dan Tuhan bukan dengan tidak sengaja menciptakan manusia, penciptaanNya telah direncanakan.

MP3: 
3.78 MB
Ringkasan
Isi: 

Makna hidup didefinisikan dalam 2 kategori, yaitu:

  1. Kategori umum adalah apa sebenarnya tujuan manusia ini ada di dunia, jadi kita membicarakan apa sebetulnya makna kehidupan manusia secara umum.

  2. Kategori pribadi adalah apa makna hidup saya. Jadi kita bertanya apa sih tujuan saya ini ada atau hadir dalam kehidupan ini.

Jadi makna hidup adalah suatu tujuan kenapa manusia ada dan kenapa saya ada. Sebab asumsinya adalah manusia tidak selalu ada dan pernah tidak ada. Jadi kehadirannya dianggap membawa suatu makna tertentu.

Kejadian 1:26-29, berfirmanlah Allah :"Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia ; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Berfirmanlah Allah : "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji ; itulah yang akan menjadi makananmu."

Secara umum Allah menciptakan manusia dengan tujuan:

  1. Untuk menjadi wakil Allah di bumi.
  2. Memerintah segala isi bumi ini atau alam semesta, juga menunjukkan manusia itu diciptakan Tuhan untuk menikmati semua karya ciptaan Tuhan.

Tujuan utama atau tujuan puncak manusia diciptakan Tuhan adalah untuk menikmati Tuhan, untuk dirinya bersekutu dengan Tuhan, dan menikmatiNya.

Standar atau kriteria penciptaan manusia adalah hal yang sangat-sangat khusus, yang juga menandakan betapa spesialnya dan berharganya manusia itu. Semua ciptaan, diciptakan Tuhan melalui perkataanNya, tapi hanya satu ciptaan yang diciptakan dengan tangan Tuhan yaitu manusia. Alkitab mencatat hal itu untuk menunjukkan betapa khususnya manusia, sehingga Tuhan perlu mendisainnya dengan tanganNya sendiri dan Tuhan yang menghembuskan nafas kehidupan ke dalam manusia itulah yang menghidupkan manusia.

Dr. Victor Frankle adalah seorang terapi yang menekankan bahwa manusia itu harus mempunyai makna hidup, tanpa makna hidup manusia sebetulnya kehilangan hidup itu sendiri. Jadi makna hidup secara pribadi adalah pengertian kenapa saya ada di sini, ke mana saya akan pergi, apa tujuannya hidup saya di dunia ini.

Sewaktu seseorang kehilangan makna hidup yang akan terjadi adalah:

  1. Akan terhantam kesehatan jiwanya, dia tidak lagi mempunyai keseimbangan hidup, hidupnya akan seperti daun yang tertiup oleh angin.

Lukas 8:39 mengatakan : "Tetapi Yesus menyuruh dia pergi, kataNya: "Pulanglah ke rumahmu dan ceritakanlah segala sesuatu yang diperbuat Allah atasmu." Setelah penebusan Tuhan meminta kita untuk menjadi wakil Tuhan di bumi ini guna membawa berita baik ini, bahwa dosa kita sudah diampuni oleh Tuhan. Jadi makna hidup kita sebagai orang Kristen atau tujuan hidup kita adalah sebagai utusan-utusan Tuhan yang menceritakan segala apa yang Tuhan sudah perbuat di dalam hidup kita kepada orang lain supaya akhirnya mereka pun dapat mempercayai bahwa Yesus telah mati untuk dosa-dosa mereka dan mereka pun bisa menikmati suatu kehidupan yang kekal dengan Tuhan nanti.